AirNav Indonesia: Trafik Penerbangan Mulai Menuju Normal dalam 2023

Diposting pada

SUARASRAGEN.COM – AirNav Indonesia, BUMN di area sektor navigasi penerbangan, optimis kinerja penerbangan di dalam di negeri pada tahun 2024 akan meningkat. Hal ini pasca trafik penerbangan pada tahun 2023 mulai meningkat, bahkan menuju kondisi normal sebelum pandemi.

Direktur Utama AirNav Indonesia, Polana B Pramesti mencatat, total trafik penerbangan yang dimaksud dilayani di dalam wilayah udara Indonesia hingga Desember 2023 sebanyak lebih banyak dari 1,8 jt penerbangan, meningkat 17% dibandingkan tahun 2022 yaitu 1,5 jt penerbangan.

Kemudian, pada tahun 2023, AirNav juga melayani tambahan dari 5.000 penerbangan per hari nya, di dalam mana 80 persen adalah penerbangan domestik, 12 persen penerbangan internasional, serta sisanya 8 persen adalah penerbangan lintas-udara (tidak mendarat dalam Indonesia).

“Berkat sinergi juga kolaborasi dengan seluruh stakeholder penerbangan, AirNav Indonesia dapat melalui tahun 2023 dengan baik, trafik penerbangan telah berangsur kembali normal, On-Time Performance (OTP) meningkat, keteraturan kemudian keselamatan penerbangan dapat dijaga dengan baik,” ucapannya pada Dunia Pers Gathering di dalam Sentul, Bogor, Kamis (28/12/2023).

Polana melanjutkan, tingkat ketepatan waktu (On-Time Performance) untuk keberangkatan juga kedatangan pesawat mencapai 99,8 persen atau melebihi target tahun 2023 yaitu 95 persen.

Selain itu, AirNav juga berhasil menekan bilangan kejadian keselamatan penerbangan di dalam bawah 1 persen, dimana faktor environment juga cuaca mendominasi sebesar 67 persen.

Tingkat kesiapan lalu kinerja prasarana komunikasi, navigasi, surveillance serta automasi juga dapat dipertahankan pada menghadapi 99 persen, sehingga dapat menunjang kegiatan operasional dengan baik.

“Peningkatan total penerbangan, juga barbagai aspek positif lainnya yang tersebut sudah pernah diupayakan secara korporasi, berdampak signifikan terhadap tigkat kondisi tubuh perusahaan, dimana pada akhir tahun 2023 ini AirNav mendapat skor 95,5 atau digolongkan sebagai Optimal ‘AAA’. AirNav juga berikrar untuk terus memberikan yang digunakan terbaik bagi para pengguna jasa navigasi penerbangan, dengan berbagai perubahan di hal program serta prosedur yang tersebut dapat meningkatkan keselamatan, keteraturan serta efisiensi penerbangan di tempat Indonesia,” kata dia.

Lakukan Inovasi Tol Udara

Pada tahun 2023, AirNav juga melakukan pengembangan dari sisi navigasi. Salah satunya, inisiatif User Preffered Route (UPR) atau Tol Atmosfer dan juga kegiatan Performance Based Navigation (PBN), memungkinkan para maskapai untuk memilih rute penerbangan yang dimaksud paling efisien dan juga menghemat unsur bakar,

“Program UPR atau “Tol Udara” bahkan mendapat apresiasi dari dunia penerbangan internasional, dimana pada bulan Oktober 2023 lalu, AirNav diminta untuk terlibat juga mengembangkan acara UPR untuk rute – rute internasional, lalu melakukan penandatanganan kerjasama MoU dengan 8 operator navigasi penerbangan dalam negara Asia Pasifik seperti Singapura, Thailand, Phillipines, Jepang, China, Australia, Selandia Baru juga Amerika Serikat,” imbuh Polana.

Di tahun 2023, AirNav juga berperan berpartisipasi untuk memberikan layanan navigasi penerbangan pada beberapa Bandara Baru seperti Ibu Perkotaan Negara (IKN), Nabire Baru, Kediri, Singkawang, Mentawai, Poto Tano, lalu Tanjung Bara. Selain itu, AirNav juga turut mensukseskan peralihan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara BIJB Kertajati.

“Langkah serta strategi 2024 telah kita siapkan dan juga telah dilakukan disetujui Pemilik Modal yaitu Kementerian BUMN, tugas AirNav Indonesia adalah menjalani setiap rencana strategis yang telah kami susun, fokus utama masih memberikan keselamatan pelayanan lalu lintas penerbangan yang mana aman, lancar dan juga efisien dengan inisiatif kegiatan penguatan operasional, SDM lalu memanfaatkan kemajuan teknologi, Insya allah AirNav Indonesia telah siap untuk itu,” pungkas Polana.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *