Apa Itu QRIS Dinamis BRI? Lengkap dengan Cara Jadi Merchant

Diposting pada

SUARASRAGEN.COM – Quick Response Code Indonesian Standard atau disingkat QRIS (dibaca KRIS) saat ini sangat memudahkan sistem proses dalam sejumlah merchant. Berikut terdapat penjelasan mengenai apa itu QRIS Dinamis BRI.

Berdasarkan penjelasan dari laman resmi Bank Indonesia, QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code agar proses proses dengan QR Code menjadi lebih lanjut mudah, cepat, dan juga terjaga keamanannya.

QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. Hal ini dikembangkan oleh bidang sistem pembayaran sama-sama dengan Bank Indonesia agar proses kegiatan dengan QR Code dapat lebih tinggi mudah, cepat, serta terjaga keamanannya.

Dikutip dari laman resmi BRI, QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sangat cocok untuk merchant skala usaha menengah kemudian besar atau dengan besar proses tinggi.

Dengan QRIS MPM Dinamis, merchant perlu memasukkan nominal pembayaran lalu mencetak kode QRIS dengan detail sesuai yang merchant masukkan sebelumnya. Pelanggan selanjutnya dapat melakukan scan QRIS untuk melakukan pembayaran.

Ilustrasi QRIS. (YouTube/Bank BRI)
Ilustrasi QRIS. (YouTube/Bank BRI)

QRIS terdapat dua jenis yaitu QRIS MPM Statis dan juga QRIS MPM Dinamis. Pada QRIS MPM Statis, merchant biasanya menyediakan atau miliki QR Code yang digunakan sejenis dan juga bukan akan berganti untuk semua pelanggan.

QRIS MPM Dinamis atau QRIS Dinamis BRI adalah QR Code di-generate untuk setiap kegiatan yang mana berbeda. Ini adalah berarti setiap pelanggan harus melakukan scan QR sekali pakai.

Secara detail, QRIS Merchant Presented Mode (MPM) Dinamis sendiri merupakan kode QR dengan metode yakni kode QR dikeluarkan melalui suatu device seperti mesin EDC atau smartphone.

Merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian pelanggan melakukan scan QRIS yang tersebut tampil atau tercetak. BRI juga menyediakan API layanan notifikasi untuk pembayaran menggunakan QRIS MPM dinamis.

Cara menggunakan QRIS Dinamis BRI:

  • Merchant menampilkan QRIS pada layar atau cetakan struk
  • Pelanggan melakukan scan QR Code
  • Nominal proses akan muncul secara otomatis dalam smartphone pelanggan (pastikan bahwa nominal dan juga nama merchant telah benar)
  • Transaksi sukses
Ilustrasi EDC BRI pada Merchant Awal Hari Sore. (YouTube Bank BRI)
Ilustrasi EDC BRI pada Merchant Dini Hari Sore. (YouTube Bank BRI)

Bagi pelaku usaha, mereka mampu mempermudah kegiatan dengan mendaftar menjadi Merchant BRI. Beberapa item merchant termasuk EDC + QRIS Dinamis, QRIS Statis, juga Online Acquiring BRI. Salah satu item yang ada merupakan EDC Merchant. Dikutip dari laman resmi perusahaan, Mesin Electronic Angka Capture (EDC) dapat digunakan untuk menerima proses pembayaran dengan menggunakan Kartu Debit, Kartu Kredit, Kartu BRIZZI, juga QRIS yang tersebut tentunya memudahkan transaksi, lebih besar cepat, lalu terjaga keamanannya.

Sebagai merchant BRI, Anda dapat menerima semua jenis pembayaran, mulai dari Kartu Debit lalu Kartu Kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB kemudian private label BRI (GPN), Kartu BRIZZI, QRIS serta online acquiring. Berikut cara mendaftar menjadi merchant BRI melalui program BRImo:

  • Buka aplikasi mobile BRImo
  • Isi Username juga Password
  • Pilih menu “Lainnya” > klik “Jadi Merchant”
  • Anda akan dihubungkan dengan segera ke website pendaftaran pada halaman jadimerchant.bri.co.id atau scroll ke bawah menu “Produk BRI”
  • Saat berada di tempat website, klik “Daftar Sekarang” dan juga pilik komoditas merchant
  • Pastikan Anda sudah ada mempunyai tabungan BRI kemudian isi data diri
  • Klik “Daftar Merchant”

Berikut ringkasan langkah terkait cara jadi merchant BRI:

  • Siapkan persyaratannya (NIK, account BRI, kemudian data pemilik usaha)
  • Daftar melalui kantor cabang, website, atau program BRImo
  • Tunggu pada kurun waktu 14 hari pasca pengajuan pendaftaran. Tim BRI akan menghubungi Anda apabila persyaratan terpenuhi lalu data sudah ada lengkap

Itulah tadi penjelasan mengenai apa itu QRIS Dinamis BRI, informasinya sangat jelas bukan?

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *