Bentrokan Antarkelompok Warga Pecah di area Pusat Kota Bitung, Wali Kota Pastikan Suasana Sudah Kondusif

Diposting pada

SUARASRAGEN.COM – Bentrokan antarkelompok warga di tempat Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pecah pada Sabtu (25/11/2023) sore. Peristiwa hal itu merebak dalam media sosial (medsos).

Dari tayangan yang dimaksud dilihat Suara.com melalui akun Instagram @ndorobei.official, bentrokan antarwarga terjadi di tempat sebuah jalan yang digunakan berada pada kota tersebut. Belakangan diketahui, bentrokan yang terjadi pada Pusat Kota Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa.

Sejumlah orang terlihat menyerang kelompok lainnya. Tak belaka itu, ada bendera sebuah negara yang digunakan dibawa oleh manusia warga yang diduga terlibat dalam bentrokan massa tersebut.

Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab terjadinya bentrokan antarkelompok warga di tempat wilayah tersebut.

Kondusif

Sementara itu, Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menyatakan bahwa situasi sudah kondusif. Pernyataan yang disebut disampaikannya melalui siaran pers menanggapi kondisi Pusat Kota pasca bentrok dua kelompok massa, Sabtu (25/11/2023).

“Menyikapi perkembangan terkini dalam kota Bitung saat ini Sabtu 25 November 2023 pukul 19.50 Wita, Pusat Kota Bitung dalam Keadaan Kondusif dan juga Aman terkendali,” katanya seperti dikutip Berita Manado-jaringan Suara.com pada Sabtu (25/11/2023).

Saat ini, Mantiri mengemukakan pemerintah bersama beberapa orang pemuka agama dan juga tokoh rakyat beserta unsur dari aparat penegak hukum sedang menyelesaikan permasalahan selisih paham tersebut.

“Pemerintah bersama semua stake holder seperti tokoh agama, tokoh penduduk kemudian unsur TNI/Polri pada saat ini sedang bersama-sama di dalam lapangan untuk menyelesaikan selisih paham,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada Warga Kota Bitung agar bersama-sama menjaga kondusivitas bersama-sama.

“Bersama-sama menjaga lingkungan kita, saling menegur, saling mendamaikan agar bukan terprovokasi oleh oknum-oknum yang menginginkan perpecahan di tempat kota tercinta ini,” ujarnya.

Berikut pernyataan lengkap Wali Kota Maurits Mantiri melalui siaran persnya.

Syalom, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Swasti Asthu, Namo Budaye, Salam Kebajikan.

Selamat malam menyikapi perkembangan terkini pada kota Bitung saat ini Sabtu 25 November 2023 pukul 19.50 Wita, Pusat Kota Bitung dalam Keadaan Kondusif dan juga Aman terkendali. Untuk itu atas nama Pemerintah kami menghimbau kepada seluruh warga kota Bitung untuk bersama-sama menjaga situasi lalu kondisi tetap kondusif.

Pemerintah bersama semua stake holder seperti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan juga unsur TNI/Polri pada saat ini sedang bersama-sama di tempat lapangan untuk menyelesaikan selisih paham.

Untuk itu marilah kita bersama-sama menyokong upaya pemerintah di tempat Lapangan dengan tidak ada menyebarkan Foto kemudian Vidio yang tersebut dapat memprovokasi berbagai pihak.

Bersama-sama menjaga Lingkungan Kita, Saling Menegur, Saling Mendamaikan agar tak terprovokasi oleh oknum-oknum yang mana menginginkan perpecahan di dalam Kota Tercinta ini.

Jika ada hal-hal yang dimaksud menonjol segera laporkan kepada aparat pemerintah/TNI Polri terdekat atau Hubungi Call Center 112 (gratis)

Tuhan Memberkati Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara, Tuhan Memberkati Negera Kesatuan Republik Indonesia.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Om Shanti Shanti Shanti Om, Shadu Shadu Shadu, Syalom.

Sabtu, 25 November 2023

Walikota Bitung
Ir Maurits Mantiri MM.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *