Dukung Ibu Kota Negara Nusantara Jadi Kawasan Ramah Lingkungan, PLN Tambah Lima SPKLU Ultra Fast Charging Mobile

Diposting pada

SUARASRAGEN.COM – Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN terus dibangun dengan konsep ramah lingkungan, yang tersebut antara lain meliputi kelengkapan sarana transportasi umum dengan tenaga listrik.

Sehingga para penduduknya tidaklah sebatas mengandalkan kendaraan pribadi. Berikutnya adalah kawasan taman juga hutan sebagai paru-paru kota yang tersebut terlibat menyaring udara agar menjadi lebih banyak segar.

Dikutip dari kantor berita Antara, Perusahaan Listrik Negara atau PT PLN (Persero) menyiapkan infrastruktur yang memperkuat IKN sebagai ibu kota baru RI yang digunakan ramah lingkungan. Di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur ini, PLN telah lama merancang infrastruktur pendukung ekosistem kendaraan listrik. Sehingga menggalang konsep kota hutan atau forest city yang pintar, hijau, indah lalu ramah lingkungan. Seluruh mobilitas di area IKN akan menggunakan moda transportasi ramah lingkungan berbasis listrik.

“Karena IKN ini akan menjadi kota yang digunakan futuristik, pada mana semua moda transportasi yang mana digunakan harus ramah lingkungan maka kami siap mengupayakan kebutuhan infrastruktur untuk pengisian daya kendaraan listrik,” jelas Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN lewat keterangan tertoreh yang dimaksud disampaikan dalam Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Ia menyatakan PT PLN (Persero) siap memenuhi kebutuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tempat IKN Nusantara dalam mewujudkan IKN yang hijau kemudian ramah lingkungan. Bersama komitmen ini, PLN menyediakan infrastruktur SPKLU sebagai upaya memenuhi pengisian daya mobil listrik.

Sampai September 2023, PT PLN telah dilakukan menyediakan dua unit SPKLU di dalam kawasan IKN. Kemudian, dalam waktu dekat PLN direncanakan menambah lima SPKLU ultra fast charging mobile di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, di area antaranya pada sekitar Istana Presiden, Glamping IKN, hunian pekerja bangunan sampai Plaza Ceremony. Juga akan menambah 19 SPKLU pada KIPP IKN pada 2024.

Ilustrasi PLTS di dalam IKN. [Ist]
Ilustrasi PLTS dalam IKN. [Ist]

Untuk membangun sistem ekologi kendaraan listrik di area IKN, PLN akan bekerja mirip dengan berbagai pihak, bentuknya membuka prospek kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menyediakan SPKLU untuk mobil maupun stasiun penukaran elemen penyimpan daya kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk motor dalam IKN.

“Selain akan membangun SPKLU secara mandiri, kami juga bekerja identik dengan pemilik pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan juga pusat administrasi yang tersebut ada di tempat IKN,” tukas Darmawan Prasodjo.

Setelah di dalam KIPP IKN, PLN siap membangun SPKLU di dalam kota-kota penyangga IKN seperti di area Balikpapan juga Samarinda. Saat ini, telah dilakukan terdapat sembilan SPKLU tersebar di dalam Kalimantan Timur lalu Kalimantan Utara. Jumlah akan bertambah 31 unit pada 2024.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *