Jokowi Mau Sulap Rumput Laut Jadi Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Diposting pada

suarasragen.com

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan mengubah sumber daya yang digunakan Indonesia untuk dijadikan material jadi. Kekikian, Jokowi menyebut ada peluang rumput laut diubah menjadi Bioetanol.

Menurut dia, dengan peluang ini, rumput laut ke depannya tidak ada cuma digunakan untuk farmasi hingga kecantikan, tetapi juga bisa saja untuk materi bakar ramah lingkungan.

“Sekarang mungkin ke depan yang akan kita ramaikan itu rumput laut. Karena tidaklah belaka untuk urusan farmasi, kecantikan, rumput laut juga mampu dipakai untuk menyebabkan bioetanol,” ujar Jokowi saat menghadiri acara Kompas CEO Forum, yang tersebut dikutip Jumat (3/11/2023).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, rencana ini mampu belaka terealisasi, sebab Indonesia menjadi negara kedua penghasilan rumput laut terbesar di area dunia.

Adapun, produksi rumput laut bisa saja mencapai 10,2 jt ton. Namun dengan produksi sebanyak belaka diekspor juga paling bukan dijadikan tepung agar-agar.

“Kenapa kita tak larikan ke bioetanol? Dan ini yang tersebut saya senang kalau rumput laut dikerjakan, yang digunakan bisa saja dapat di area atasnya dapat, tengah dapat, rakyat di tempat pesisir dapat semuanya,” kata dia.

Sebelumnya, Jokowi telah dilakukan memberikan mandat rencana ini kepada Menteri Kelautan juga Perikanan Sakti Wahtu Trenggono. Bahkan, telah dilakukan ada ada rapat terbatas yang digunakan mengeksplorasi khusus tentang rencana ini.

Dalam rapat terbatas Trenggono diminta Jokowi untuk menciptakan suatu percontohan rumput laut yang dimaksud diubah menjadi bioetanol.

“Tadi ditargetkan oleh Bapak Presiden untuk dibuat satu modelling di tempat beberapa wilayah ada lima lokasi pada antaranya adalah Buleleng, kemudian Wakatobi, Maluku Tenggara, kemudian di tempat Rote Ndao dalam NTT, juga juga dalam NTB,” kata Trenggono.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *