Kabar dari Sri Mulyani: Ekonomi Dunia Makin Kacau

Diposting pada

suarasragen.com

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan kabar perihal perekonomian global yang digunakan makin tak pasti. Bahkan, menurut dia, dunia usaha global dipredikin akan semakin melambat.

“Pertumbuhan sektor ekonomi global melambat dengan adanya ketidakpastian yang meningkat tinggi, juga disertai divergensi pertumbuhan antar negara yang semakin melebar,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dalam BI, Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Menurut dia, banyak faktor yang digunakan memproduksi sektor ekonomi global makin kacau, mulai dari ekonomi Amerika Serikat (AS) yang mana masih kuat.

Di sisi lain, justru ekonomi China mengalami perlambatan oleh sebab itu disebabkan sektor konsumsi lalu properti.

“Ekonomi AS pada 2023 masih menunjukkan pertumbuhan kuat ditopang konsumsi rumah tangga juga sektor jasa. Sementara itu, perekonomian China menunjukkan perlambatan dipengaruhi pelemahan konsumsi kemudian krisis pada sektor properti,” kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Selain itu, tekanan inflasi juga akan terus tinggi oleh sebab itu nilai enegri lalu pangan akibat konflik geopolitik hingga El Nino.

“Kenaikan suku bunga global diperkirakan akan diikuti dengan kenaikan yield obligasi tenor jangka panjang di dalam negara-negara maju, khususnya obligasi pemerintah AS akibat peningkatan kebutuhan pembiayaan pemerintah AS kemudian adanya premi risiko jangka panjang,” jelas dia.

“Perkembangan ini memicu aliran keluar dari modal asing dari emerging market ke negara-negara maju serta ini memacu penguatan signifikan mata uang dolar AS terhadap berbagai mata uang dunia,” pungkas dia.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *