Serverless Computing: Pengertian, Keuntungan, Dan Contoh

Diposting pada

Serverless Computing: Pengertian, Keuntungan, dan Contoh

Pengertian Serverless Computing

Serverless computing adalah model komputasi awan (cloud computing) di mana penyedia layanan cloud mengelola infrastruktur server, sistem operasi, dan middleware. Dengan serverless computing, pengembang dapat membangun dan menjalankan aplikasi tanpa perlu mengelola server atau infrastruktur lainnya.

Dalam serverless computing, aplikasi dijalankan dalam potongan-potongan kecil yang disebut fungsi (function). Fungsi-fungsi ini dipicu oleh peristiwa (event), seperti permintaan HTTP, perubahan data dalam database, atau pesan dalam antrean pesan. Ketika suatu peristiwa terjadi, penyedia layanan cloud akan secara otomatis menjalankan fungsi yang sesuai.

Keuntungan Serverless Computing

Serverless computing menawarkan sejumlah keuntungan bagi pengembang, di antaranya:

  • Tidak perlu mengelola server atau infrastruktur lainnya. Dengan serverless computing, pengembang tidak perlu khawatir tentang mengelola server, sistem operasi, atau middleware. Penyedia layanan cloud akan menangani semua aspek infrastruktur ini, sehingga pengembang dapat fokus pada pengembangan aplikasi.
  • Skalabilitas otomatis. Serverless computing memungkinkan aplikasi untuk secara otomatis menskalakan naik atau turun sesuai dengan permintaan. Ini berarti bahwa aplikasi dapat menangani lonjakan lalu lintas tanpa perlu khawatir tentang kehabisan sumber daya.
  • Biaya yang lebih rendah. Serverless computing hanya mengenakan biaya untuk sumber daya yang digunakan, sehingga pengembang hanya membayar untuk apa yang mereka gunakan. Ini dapat menghemat biaya yang signifikan dibandingkan dengan model komputasi awan tradisional.
  • Lebih cepat dan mudah untuk mengembangkan aplikasi. Serverless computing memungkinkan pengembang untuk membangun dan menjalankan aplikasi dengan lebih cepat dan mudah. Pengembang tidak perlu khawatir tentang mengelola infrastruktur, sehingga mereka dapat fokus pada pengembangan aplikasi.

Contoh Serverless Computing

Serverless computing dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, di antaranya:

  • Aplikasi web dan seluler. Serverless computing sangat cocok untuk aplikasi web dan seluler yang perlu menskalakan dengan cepat dan mudah.
  • Pemrosesan data. Serverless computing dapat digunakan untuk memproses data dalam jumlah besar dengan cepat dan efisien.
  • Kecerdasan buatan (AI). Serverless computing dapat digunakan untuk melatih dan menjalankan model AI.
  • Internet of Things (IoT). Serverless computing dapat digunakan untuk menghubungkan dan mengelola perangkat IoT.

Kesimpulan

Serverless computing adalah model komputasi awan yang menawarkan sejumlah keuntungan bagi pengembang, termasuk tidak perlu mengelola server atau infrastruktur lainnya, skalabilitas otomatis, biaya yang lebih rendah, dan lebih cepat dan mudah untuk mengembangkan aplikasi. Serverless computing dapat digunakan untuk berbagai macam aplikasi, termasuk aplikasi web dan seluler, pemrosesan data, kecerdasan buatan (AI), dan Internet of Things (IoT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *