Wamendag: Stabilitas biaya pangan jelang akhir tahun terus dijaga

Diposting pada

SUARASRAGEN.COM – Bandarlampung – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan pihaknya akan terus berupaya menjaga stabilitas nilai tukar pangan bagi warga hingga menjauhi akhir tahun.
 

"Tadi sudah melakukan pemantauan nilai tukar jual pangan seperti minyak, serta beberapa sembako, salah satunya di area tempat Pasar Natar kemudian harganya relatif stabil," ujar Jerry Sambuaga di area area Lampung Selatan, Sabtu.

 

Ia mengatakan dengan melihat stabilitas nilai pangan dalam pasaran, pihaknya akan terus berupaya menjaga agar kondisi hal hal itu tetap terjaga hingga Peringatan Hari Besar Keagamaan Nasional (HKBN) Natal kemudian Tahun Baru.
 
"Mudah-mudahan ini dapat terus kondusif untuk kondisi dalam dalam pasaran juga berlanjut hingga bulan depan di area area akhir tahun. Selain nilai tukar pangan dari sisi ketersediaan sembako dalam tingkat pedagang, juga setelah dilihat bukan ada kendala," ucapnya.

 
Dia mengatakan pemantauan biaya juga juga ketersediaan pangan di dalam dalam tengah penduduk akan terus dilaksanakan, guna menjaga stabilitas biaya juga distribusi pangan dalam lapangan.

 

"Harapannya sampai Natal juga juga Tahun Baru kondisi dapat tetap stabil agar konsumsi warga dapat jadi tetap terjaga juga dengan tarif jual juga ketersediaan pasokan yang digunakan dimaksud terjaga," tambahnya.
 
Tanggapan atas adanya upaya stabilisasi nilai tukar pangan menjauhi akhir tahun juga dikatakan oleh salah manusia tukang jualan sembako di area dalam Pasar Natar Azizah.
 
"Harga sembako seperti gula, beras, minyak, bawang putih lumayan tidaklah ada banyak naiknya, masih sebanding seperti sebelumnya. Untuk beras medium Rp13.500 per kilogram, gula pasir Rp15 ribu per kilogram, serta minyak Rp15 ribu per liter," kata Azizah.

 
Menurut dia, saat ini komoditi yang mana mengalami kenaikan biaya salah satunya adalah cabai merah yang dimaksud mana dijual di dalam dalam tingkat peniaga pasar Rp100 ribu per kilogram.
 
"Harapannya biaya dapat tetap stabil. Kalau untuk sembako yang dimaksud digunakan harganya bukan naik semoga tetap terjaga sampai akhir tahun ini. Sedangkan untuk unsur pokok yang digunakan digunakan hari ini naik diharapkan dapat turun secepatnya," ucap dia lagi.

 

​​​​​

SUMBER AntaraNews.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *